Mari Mengenal Lebih Jauh dengan Cimahi Techno Park

Mari Mengenal Lebih Jauh dengan Cimahi Techno Park

Mendukung program pembangunan 100 Techno Park dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Cimahi secara resmi mendirikan Cimahi Techno Park (CTP) pada Kamis (16/03). Meski mendapat apresiasi dari sisi fasilitas dan visi misi dari Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT), tapi masih ada yang belum tahu dan bertanya-tanya apakah Cimahi Techno Park itu? Apa manfaatnya bagi masyarakat Cimahi? Apa saja program unggulan yang direncakan oleh Cimahi Techno Park?

Walaupun bertitel “park” alias taman, Cimahi Techno Park bukanlah harfiah berarti taman di mana Anda bisa duduk-duduk di ruangan terbuka. Arti dari “taman” di sini adalah tempat yang secara khusus dibuat untuk tujuan tertentu. Dengan kata lain, Cimahi Techno Park adalah ruang khusus yang dibangun dan dibina oleh Pemerintah Kota Cimahi untuk mengembangkan industri ekonomi berbasis teknologi.

Di Cimahi Techno Park, berdiri gedung tiga lantai dengan berbagai fasilitas-fasilitas penunjang industri ekonomi kreatif berbasis teknologi, seperti convention hall, ruang tenant, ruang diskusi, laboratorium, dan Pusat Inovasi Baros (PIB) untuk mendukung pengembangan bisnis inovatif berbasis teknologi. Dengan luas 1 hektar, Cimahi Techno Park dibagi menjadi beberapa kluster insdustri, diantaranya kerajinan, tekstil, animasi dan telematika, serta pangan olahan.

Dilansir dari situs resmi Cimahi Techno Park, fokus utama dari Cimahi Techno Park adalah menggandeng perusahaan start up dan para teknopreneur muda untuk memajukan perekonomian Cimahi berbasis IT, terutama bisnis-bisnis di ranah industri makanan-minuman, digital kreatif, kerajinan dan tekstil. Dengan bimbingan dan pengawasan dari BPPT, beberapa teknopreneur Cimahi sudah mulai merangsek pasar nasional, bahkan internasional.

Cimahi Techno Park bersama BPPT telah menelurkan produk electronic fishery karya M. Ihsan dan bahkan sudah go international. Dilansir dari Kompas, produk ini memudahkan proses pemberian pakan ikan sehingga mampu menekan biaya produksi mencapai 70 persen atau setara dengan RP 2,5 miliar per bulannya untuk perusahan skala besar. Sistem e-fishery kini telah diaplikasikan tidak hanya di Jawa Barat dan Lampung, akan tetapi juga di luar negeri seperti Thailand dan Banglades. Selain e-fishery, karya mendunia lainnya juga berasala dari Gerry Nusa Muhammad yang berhasil mengembangkan sistem virtual reality untuk manasik haji.

cimahi techno park | CTP | 41studio ruby on rails development company

Apakah Anda adalah teknopreneur muda selanjutnya yang berpeluang mendapat insentif dan bimbingan?

Plt. Wali Kota Cimahi, Sudarto mengatakan, pihaknya telah membuka program unggulan selama satu tahun untuk menjaring banyak startup berkualitas untuk kemudian akan mendapat bimbingan, mulai dari program inkubator bisnis hingga perbaikan manajemen dan efisiensi produksi. Jika Anda  teknopreneur muda, tidak ada salahnya mengambil kesempatan ini dan menjual produk Anda hingga ke kancah internasional!

Sumber: Pikiran Rakyat 1, 2, Bisnis.com, PTKI.