Inilah 5 Bubur Ayam Enak di Bandung

Inilah 5 Bubur Ayam Enak di Bandung

 
Mulai dari sarapan hingga kudapan di malam hari, bubur ayam selalu menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Siapa yang mampu menolak campuran antara bubur dengan kacang, seledri, suwiran ayam, kerupuk, dan bumbu pilihan dalam satu mangkuk? 

Selain rasanya yang enak, bubur ayam juga dijual di berbagai tempat, mulai dari restoran berkelas, pusat perbelanjaan, foodcourt, hingga pedagang kaki lima.

Meski demikian, kami juga akui, tidak semua bubur ayam yang dijual memenuhi standar Anda. Maka, 41studio telah merangkum lima bubur rasa bintang lima yang tersebar di Kota Bandung.
 

1. Bubur Ayam Bejo Kosambi

bubur ayam bejo | burjo | 41studio ruby on rails development company

Sumber: Instagram @pradikacaesar

Bubur ayam satu ini memang sudah terkenal dengan kelezatannya sejak tahun 1978. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani Bandung, tepatnya di depan Pasar Kosambi, bubur ini menyajikan porsi besar disertai dengan suwiran ayam, telur rebus, ati ampela, cakue, dan daun bawang dengan hrga Rp 14.000. Anda juga tidak perlu takut kalau kehabisan, karena Bubur Bejo buka hingga 24 jam. Anda juga bisa memilih untuk menikmati bubur ini di gerobak ataupun kedai karena selain berlokasi di depan Pasar Kosambi, Bubur Bejo juga tersedia di Jalan Baranang Siang dalam bentuk kios. Tapi, dimanapun Anda memakannya, Bubur Bejo tetap enak untuk disantap.
 

2. Bubur Ayam Pak Zaenal

bubur ayam pak zaenal | bubur ayam | 41studio ruby on rails development company

Sumber: Foody.id

Letak kedai yang terpojok bukan menjadi masalah bagi Bubur Ayam Pak Zaenal untuk meraih banyak pelanggan. Bubur yang sudah eksis sejak tahun 80-an ini memang terkenal dengan rasa bubur yang gurih dengan tekstur yang kental. Rasa lezat dari bubur ini konon berasal dari tambahan santan dan daun pandan dalam adonannya. Bubur Ayam Pak Zaenal yang tertelak di seberang gedung PUSAIR ini menyajikan menu dalam porsi besar maupun kecil. Andapun juga bisa memilih varian topping bubur tersebut dengan harga variatif, mulai dari Rp 15 ribu hingga RP 28 ribu.
 

3. Bubur Ayam Pa’ Otong

bubur ayam pa otong | bubur ayam | 41studio ruby on rails development company

Sumber: Koki Andalan

Bubur ayam legendaris lainnya yang masuk dalam list kami adalah Bubur Ayam Pa’ Otong yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, seberang Pasar Andir. Buka dari pukul 18.00 hingga 01.00 WIB, bubur satu ini menjadi pengganjal sekaligus penghangat perut dalam suhu udara Bandung yang dingin saat malam hari. Hal yang unik dari bubur ini adalah tidak tersedianya kecap manis, emping, kacang sungrai atau kerupuk dalam adonan buburnya. Anda hanya menikmati bubur ala Tionghoa dengan kekentalan yang pas bersama suwiran ayam yang besar, cakue, dan ati ampela. Harganya pun tergolong murah, yaitu berkisar antara Rp 9 ribu hingga Rp 15 ribu.
 

4. Bubur Ayam “Mang H. Oyo”

Sumber: Acen147

Sejak dulu, Bubur Ayam “Mang H. Oyo” memang terkenal dengan kekentalannya. Konon, jika Anda membalik mangkuknya, bubur tersebut tidak akan tumpah! Menurut anak tunggal H. Oyo, kekentalan bubur berasal dari beras yang langsung diambil dari Majalengka, Jawa Barat, yang dinilai memiliki tingkat kepulenan dan kualitas tinggi. Lokasinya yang bertempat di Jalan Sulanjana membuat setiap pengunjung bisa menikmati kelezatan bubur ini tanpa terusik dengan lokasi yang kurang higienis atau bising. Meski bubur satu ini sudah memiliki banyak cabang (dan beberapa penikmatnya merasa baik tesktur maupun warna bubur yang sudah berubah), namun kenyataannya Bubur Ayam “Mang H. Oyo” masih mampu menarik banyak pembeli. Dengan kisaran harga Rp 13 ribu hingga Rp 20 ribu per porsi, pembeli dapat menikmati bubur khas Bandung ini dari pukul 06.00 WIB.
 

5. Bubur Ayam H. Amid

bubur ayam h amid | bubur ayam | 41studio ruby on rails development company

Sumber: Tripadvisor

Direkomendasikan sebagai makanan yang cocok dinikmati untuk sarapan, Bubur Ayam H. Amid menyajikan varian bubur mulai dari bubur ayam biasa, bubur ayam telur, bubur ayam ati ampela, bubur cakwe bawang seledri, dan bubur polos dengan harga yang beraneka ragam. Meski hanya berwujud gerobak yang mangkal di Jalan Pajajaran, bukan berarti tidak ada yang mau membeli bubur di lokasi ini. Mulai dari motor hingga mobil mewah rela merapat di gerobak mereka untuk mencicipi kelezatan rasa buburnya. Bubur Ayam H. Amid buka dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.
 
Bubur ayam manakah yang menjadi favorit Anda?